Informasi Lalulintas   |   Informasi Lalulintas   |   Informasi Lalulintas
Berita Pengumuman

37 Tahun Dalam Semangat Menyatukan Negeri

adityawarman 18 Sebagai perusahaan terkemuka di industri jalan tol, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. dikenal kaya akan inovasi. Tak hanya dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan, namun juga dari segi bisnis. Di usianya yang mencapai 37 tahun, Jasa Marga bertekad untuk bisa berkiprah secara lebih baik. Sekaligus dapat menopang rencana pembangunan infrastruktur khususnya jalan tol yang dicanangkan pemerintah.

Pada ulang tahunnya yang ke 37 pada 2015 ini, Jasa Marga mengangkat tema “Semangat Menyatukan Negeri”. Bagi Direktur Utama Jasa Marga, Adityawarman, tema itu punya nilai filosofi tersendiri. Adit berujar, rencana pemerintah dalam menyusun strategi pembangunan harus didukung oleh semua pihak. Jasa Marga dalam hal ini menyokong pembangunan melalui dengan perbaikan jalur transportasi darat khususnya pembangunan jalan tol. Perbaikan infrastruktur jalan ini akan menyokong pembangunan tol laut yang masuk dalam rencana pemerintah untuk penguatan poros maritim.

Tak hanya itu, keberadaan infrastruktur jalan utamanya jalan tol juga akan membuka akses terhadap daerah-daerah yang selama ini terisolir. Sehingga masyarakat di daerah tersebut bisa memperoleh akses pelayanan pendidikan dan kesehatan dengan baik pula. Filosofi ketiga adalah menjaga semangat persatuan dan kesatuan. Persatuan dan kesatuan ini salah satunya bisa diwujudkan dengan pembangunan jalan tol. Sehingga tercipta koneksi antar satu daerah dan daerah lain. “Dengan filosofi ‘Semangat Menyatukan Negeri’, Jasa Marga yakin Indonesia bisa besar dengan  membangun infrastruktur yang memadai,” ujar Adit.

Target Besar di 2015

Dalam pengembangan bisnis, Jasa Marga tak mau main-main. Perusahaan yang berdiri sejak  1 Maret 1978 ini punya misi besar di tahun kambing kayu. Jasa Marga menargetkan hingga akhir 2015 total konsesi jalan tol yang ditangani mencapai 1.000 km. Sampai saat ini Jasa Marga sudah memiliki konsesi sepanjang 800 kilometer sepanjang 527 kilometer dikelola Jasa Marga melalui cabang, dan 273 kilometer dikelola anak perusahaan. Hingga akhir tahun 2015,  target Jasa Marga akan menambah konsesi sepanjang 200 kilometer.

Dari 273 kilometer yang dikelola anak perusahaan sampai dengan tahun 2015 akan dioperasikan 95 kilometer. Sehingga total panjang jalan tol yang akan dioperasikan oleh Jasa Marga hingga akhir 2015 mencapai 624 km. Sedangkan sisanya masih dalam tahap konstruksi dan pembebasan tanah, akan diselesaikan hingga akhir 2018 mendatang.

Adit menambahkan pihaknya sementara mengupayakan konsesi tambahannya pada tahun 2015 ini sekitar 200 kilometer. Angka tersebut diperoleh proses akuisisi jalan tol yang saat ini sedang dalam proses. Sekitar 180 kilometer berasal dari Ruas Tol Solo-Ngawi-Kertosono, 10 kilometer Serpong-Cinere. Selain itu Jasa Marga juga sedang mengikuti tender Jalan Tol Pasirkoja-Soreang di Jawa Barat sepanjang 10 kilometer.

Target lain dari Jasa Marga antara lain Jalan Tol Manado-Bitung sepanjang 39 kilometer yang saat ini sementara melalui tahapan persiapan tender oleh pemerintah. Tahap tender sendiri akan dimulai pada saat pembebasan tanah sudah mencapai 75 persen. Tak hanya itu, Pemerintah juga menyiapkan pembangunan Jalan Tol Samarinda-Balikpapan dengan panjang 100 kilometer. Tol ini juga masuk daftar target tambahan konsesi Jasa Marga.

Akibat investasi besar yang saat ini tengah dilakukan Jasa Marga, maka dalam 10 tahun ke depan, akan menekan besaran laba bersih. Hal ini dirasa wajar mengingat besarnya investasi yang dikeluarkan oleh perusahaan. Namun begitu setelah 10 tahun, laba bersih Jasa Marga kata Adit akan naik secara signifikan. “Jasa Marga jangka panjangnya sangat luar biasa sekali. Karena memang investasi jalan tol ini sifatnya jangka panjang. Ibarat lari, ini lari marathon dan bukan sprinter. Karena kita  harus bisa bertahan dalam jangka waktu yang panjang,” imbuhnya.

Presiden Jokowi punya target untuk membuat tak kurang dari 1.000 kilometer jalan tol di seluruh Indonesia selama lima tahun masa pemerintahannya. Adit menyadari, hal tersebut merupakan peluang besar bagi Jasa Marga sebagai pemain unggul di industri ini. Melihat peluang itu, Adit berniat tancap gas untuk menambah kapasitas permodalan Jasa Marga. “Jasa Marga ini didirikan pemerintah untuk mengelola jalan tol, jika ada kebutuhan besar seperti ini harus kita sambut,” ujarnya.

Tak hanya di Pulau Jawa. Pada 2014 lalu, Jasa Marga juga telah memperoleh konsesi untuk membangun Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sepanjang 61,7 kilometer yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera. Saat ini lanjut Adit, pihaknya telah mengajukan proposal agar jalan tol tersebut bisa diteruskan hingga ke Kualatanjung dan Seimangkei sepanjang 50 kilometer. Pertimbangannya karena di Kualatanjung akan dibangun pelabuhan hub terbesar di Indonesia barat, sementara Seimangkei telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Pada 2015, Jasa Marga juga melebarkan sayap dengan berupaya mengoptimalkan pendapatan dari bisnis lain di luar jalan tol. Hal ini menurut Adit tidak lain untuk menutupi laba bersih yang tertekan akibat investasi yang dilakukan. “Kita harus berani berinovasi untuk mencari penghasil tambahan untuk menutup delta yang tertekan ini. Sehingga yang kita lakukan adalah segera membuka anak perusahaan yang dengan cepat dapat membantu agar laba yang tertekan tadi,” ujar Adit.

Bentuk usaha yang kemudian dijalankan antara lain properti, bisnis fiber optic dan perawatan jalan. Namun Adit menekankan hal ini tidak tidak berarti Jasa Marga akan fokus untuk mengembangkan sayap usaha lain. “Jasa Marga tetap fokus pada jalan tol,” tegasnya. Karenanya, Adityawarman berharap sumbangan penghasilan yang diperoleh dari usaha non tol ini tidak lebih dari 20 persen.

Tingkatkan SDM Untuk Menyambut MEA

Dengan berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), persaingan di dunia jalan tol diakui Adit akan semakin ketat. Namun begitu Jasa Marga saat ini sangat siap menghadapi berlakunya MEA. Kesiapan tersebut lanjut Adit ditunjukkan salah satunya dengan melakukan transformasi di bidang Sumber Daya Manusia (SDM). Alasannya sederhana, karena yang menjalankan roda perusahaan adalah manusianya. Karenannya dalam dua tahun belakangan Jasa Marga mulai melakukan pembenahan besar-besaran utamanya di bidang pengembangan SDM.

Berbagai kebijakan dan aturan termasuk peningkatan kesejahteraan karyawan ditelurkan. Kebijakan tersebut dikeluarkan untuk menjaga semangat karyawan yang harus berhadapan dengan iklim kompetisi yang semakin keras. “Karena tidak mungkin kita menuntut kinerja yang maksimal jika karyawan masih berpikir mengenai kesejahteraannya,” ujar Adit.

Jasa Marga juga mulai mengirim karyawan untuk bisa belajar hingga ke luar negeri. Program beasiswa yang diberikan kepada karyawan tersebut tidak lain merupakan perwujudan komitmen Jasa Marga dalam pengembangan SDM. “Baru-baru ini saya melepas lima orang angkatan pertama untuk melanjutkan S2 di luar negeri, seperti di Australia, London, dan Amerika. Itu perwujudan dari bagaimana (komitmen) kami dalam melangkah ke penyiapan SDM,” ujarnya.

Terakhir, Adityawarman menyampaikan agar masyarakat mendukung operasional jalan tol dengan baik. Salah satunya adalah dengan menggunakan kartu tol elektronik yang dikenal dengan nama E-Toll Card. Penggunaan E-Toll Card ini selain efisien juga lebih menyamankan pengguna jalan tol dalam mengakses layanan tol. Adit menyebut pihaknya kedepan akan terus menyempurnakan layanan ini agar lebih memudahkan pelanggan jalan tol. Salah satunya yaitu dengan membangun tempat pengisian ulang E-Toll Card ini di gardu tol.

Selain itu, Jasa Marga juga terus meningkatkan diri di bidang pelayanan dengan memperbanyak Variable-Message Signs (VMS) yang memudahkan pengguna jalan tol mengakses informasi mengenai kondisi jalan yang akan dilalui. Tak sampai di situ, Jasa Marga juga memperbanyak keberadaan Closed-Circuit Television (CCTV) untuk mempermudah pengecekan gangguan yang kerap terjadi di jalan Tol.

Disclaimer :

Selamat datang di Situs PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Dengan melihat Situs ini Anda menyatakan bahwa Anda telah membaca dan menerima penyangkalan-penyangkalan berikut:

Penyangkalan untuk Website PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Informasi

Semua informasi yang diberikan dalam Situs ini adalah berdasarkan informasi yang diberikan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (Jasa Marga) dan sumber-sumber lain, dan dimaksudkan hanya sebagai suatu pengenalan dan panduan tentang bisnis Jasa Marga serta berbagai macam produk dan layanan yang tersedia. Walaupun Jasa Marga telah menggunakan keputusan terbaiknya untuk menyajikan informasi pada Situs Jasa Marga dari sumber yang terpercaya, dengan hanya memberikan akses pada isi Situs, Jasa Marga tidak menjamin atau menyatakan bahwa:

  • Isi Situs tersebut akurat atau lengkap;
  • Isi Situs selalu termutakhirkan;
  • Jasa Marga memiliki kewajiban untuk memperbaharui isi Situs;
  • Setiap proyeksi, prediksi, prakiraan atau pandangan ke depan yang berkaitan dengan pernyataan kinerja Jasa Marga akan terwujud atau tercapai;
  • Isi Situs terbebas dari ketidakakurasian atau kesalahan berkenaan dengan percetakan
  • Isi Situs terbebas dari perubahan yang disebabkan oleh pihak ketiga, dan
  • Akses Anda pada Situs Jasa Marga ini akan bebas dari gangguan, kesalahan, virus komputer atau komponen berbahaya lainnya.

Jasa Marga tidak menerima tanggung jawab untuk setiap kerugian atau kerusakan yang mungkin terjadi baik secara langsung atau tidak langsung dari saran, pendapat, informasi, representasi atau penghilangan, baik disengaja atupun tidak, yang berada di situs ini, termasuk kerusakan-kerusakan yang bersifat langsung, tidak langsung, khusus, insidentil atau konsekuensial. Dengan kata lain, Anda menggunakan Situs Jasa Marga dengan risiko Anda sendiri. Jasa Marga berhak untuk mengubah atau menambah informasi yang diberikan tanpa pemberitahuan sebelumnya. Jasa Marga meyakini bahwa materi yang diungkapkan adalah akurat pada tanggal disampaikan, dan bahwa Jasa Marga dapat menyampaikan informasi yang baru dari waktu ke waktu, namun Jasa Marga tidak berkewajiban untuk memperbaharui atau memperbaiki informasi tersebut dan menyatakan bahwa Jasa Marga secara eksplisit melepaskan kewajiban apapun untuk melakukan hal tersebut. Setiap upaya telah dilakukan untuk memberikan informasi yang akurat, namun kesalahan dan penghilangan dapat terjadi dan Jasa Marga tidak menjamin bahwa informasi yang tersedia di Situs ini adalah lengkap, akurat atau mutakhir dalam hal apapun.

Tautan
Informasi yang terdapat pada situs yang tertaut dengan Situs ini tidak disiapkan atau disediakan oleh Jasa Marga. Jasa Marga tidak bertanggung jawab, dan tidak mewakili atau memberi jaminan mengenai, isi, ketepatan atau kelengkapan dari setiap situs yang tertaut ke Situs ini atau setiap tautan yang ada pada situs yang tertaut pada Situs Jasa Marga yang dapat dirujuk baik secara langsung atau tidak langsung. Jasa Marga tidak memiliki kewajiban untuk memperbaharui atau memperbaiki informasi dalam sebuah situs yang tertaut ke Situs Jasa Marga yang dapat dirujuk baik secara langsung atau tidak langsung oleh situs Jasa Marga dan secara tegas menolak kewajiban apapun untuk melakukan hal itu. Jasa Marga menyediakan tautan hanya demi kenyamanan, dan adanya semua tautan bukan merupakan pengesahan, investigasi, verifikasi, dan bantuan apapun dalam persiapannya atau persetujuan dari Jasa Marga atas semua informasi atau pernyataan yang ada dalam setiap situs yang tertaut. Hal ini juga berarti bahwa Jasa Marga tidak terafiliasi dengan pihak ketiga baik itu pemilik situs tertaut ataupun para sponsor. Jasa Marga berhak untuk menghentikan tautan ke situs pihak ketiga sewaktu-waktu.  Dalam kebanyakan kasus, Jasa Marga tidak menyadari bahwa pihak ketiga telah tertaut ke dalam Situs Jasa Marga. Jika pihak ketiga tertaut pada Situs Jasa Marga, maka hal ini bukan merupakan indikasi bahwa Jasa Marga memberikan dukungan, otorisasi, sponsor, afiliasi, patungan atau kemitraan dengan Jasa Marga. Situs yang tertaut pada Situs Jasa Marga harus memenuhi syarat-syarat berikut:

  • Tidak menjiplak isi Situs Jasa Marga;
  • Tidak membuat penjelajah dan membuat frame dengan Situs Jasa Marga sebagai isinya;
  • Tidak mengimplikasikan bahwa Jasa Marga menyetujui situs atau produk yang bersangkutan;
  • Tidak salah menggambarkan hubungannya dengan Jasa Marga;
  • Tidak memberikan informasi yang tidak benar tentang produk atau layanan Jasa Marga; dan
  • Tidak terdapat isi yang dapat dianggap sebagai sesuatu yang tidak menyenangkan, menyinggung atau bersifat kontroversial dan harus berisi hanya hal-hal yang sesuai untuk semua kelompok umur.

Siaran Pers
Situs Jasa Marga berisi Siaran Pers tentang Jasa Marga dan perkembangan bisnis Jasa Marga. Siaran Pers diyakini keakurasiannya sebagai media yang disiapkan dan disebarkan kepada publik pada tanggal dikeluarkan, namun Jasa Marga melepaskan semua tugas atau kewajiban untuk memperbaharui informasi dalam siaran persnya. Informasi tentang perusahaan-perusahaan selain Jasa Marga yang ada dalam siaran pers tidak dapat dianggap sebagai informasi yang dipersiapkan dan didukung oleh Jasa Marga.

Penyangkalan atas Pernyataan Mengenai Proyeksi di Masa Mendatang
Banyak pernyataan pada Situs ini atau dokumen yang dapat diakses dari Situs ini yang mengandung pernyataan tentang proyeksi di masa datang. Semua pernyataan, selain pernyataan-pernyataan tentang fakta historis, termasuk antara lain, pernyataan-pernyataan mengenai gambaran posisi keuangan dan operasional, perencanaan, strategi, tujuan, belanja modal, proyeksi biaya dan antisipasi penghematan biaya dan rencana pembiayaan serta proyeksi tingkat pertumbuhan Jasa Marga di masa datang, merupakan pernyataan tentang proyeksi di masa datang. Pernyataan mengenai proyeksi di masa mendatang secara umum dapat dilihat dari penggunaan istilah seperti “mungkin”, “akan”, “mengharapkan”, “bermaksud”, “merencanakan”, “memproyeksikan”, “memperkirakan”, “mengantisipasi”, “meyakini”, “berharap”, “mampu”, “dirancang untuk” atau frasa-frasa yang serupa. Namun demikian, tanpa kata-kata seperti itu tidak berarti bahwa pernyataan tersebut bukan merupakan proyeksi di masa mendatang.  Anda diingatkan untuk tidak mempercayai pernyataan-pernyataan mengenai proyeksi di masa mendatang tersebut tanpa mempertimbangkannya terlebih dahulu. Jasa Marga tidak berkewajiban untuk mempublikasi perbaikan apapun atas pernyataan apapun mengenai proyeksi di masa mendatang sebagai refleksi atas terjadinya peristiwa-peristiwa yang tidak terantisipasi sesudah tanggal pernyataan tersebut dibuat. Faktor-faktor baru muncul dari waktu ke waktu, Jasa Marga tidak mungkin memprediksi semua faktor tersebut, dan Jasa Marga juga tidak dapat menilai dampak dari masing-masing faktor terhadap bisnis Jasa Marga atau sampai sejauh mana suatu faktor atau kombinasi beberapa faktor dapat menimbulkan atau menghasilkan hal-hal aktual yang berbeda secara material dengan yang diperlihatkan oleh penyataan-pernyataan mengenai proyeksi di masa mendatang. Semua pernyataan tertulis maupun lisan mengenai proyeksi di masa mendatang yang berhubungan dengan Jasa Marga atau orang-orang yang bertindak atas nama Jasa Marga telah memenuhi syarat secara keseluruhan terhadap pernyataan-pernyataan ini.

Kekayaan Intelektual
Jasa Marga memiliki seluruh hak cipta dan seluruh hak kekayaan intelektual lain dalam Situs ini. Semua hal yang berada di dalam Situs ini seluruhnya memiliki hak cipta kecuali dinyatakan lain oleh Jasa Marga. Anda dapat menggunakan Situs Jasa Marga hanya untuk kepentingan yang tidak bersifat komersial. Anda diminta untuk tidak menyalin atau menayangkan dengan tujuan mendistribusikan kembali kepada pihak ketiga atau dengan tujuan komersial bagian manapun dari Situs ini tanpa izin tertulis dari Jasa Marga.

Virus
Jasa Marga tidak menerima kewajiban apapun yang timbul sebagai akibat dari transfer virus atau perubahan yang tidak sah atas isi Situs ini.

Yurisdiksi
Situs ini diatur dan harus diinterpretasikan sesuai dengan hukum yang berlaku di Republik Indonesia.