Direktur Bisnis Jasa Marga Tinjau Pembangunan Rest Area di Ruas Jalan Tol Trans Jawa

1/23/2019 2:18:13 PM
Berita

Direktur Bisnis Jasa Marga Tinjau Pembangunan Rest Area di Ruas Jalan Tol Trans Jawa

Pasca diresmikannya sejumlah ruas tol pada mega proyek Jalan Tol Trans Jawa oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akhir tahun lalu, maka jalan tol sepanjang Merak-Grati sudah tersambung. 

Meski begitu, masih ada beberapa penyempuraan pekerjaan di sejumlah titik. Salah satunya adalah rest area atau Tempat Istirahat Pelayanan (TIP). Hal inilah yang menjadi perhatian Direktur Bisnis PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Mohammad Sofyan tatkala melakukan peninjauan langsung ke beberapa titik rest area di berbagai jalan tol di Trans Jawa. 

Peninjauan rest area dan paparan kinerja di beberapa kantor cabang pun dilakukan agar tercipta sinergi yang kuat dengan beberapa pihak. Kegiatan yang berlangsung sejak tanggal 17 hingg 19 Januari 2019 ini juga dihadiri oleh Direktur Utama PT Jasamarga Transjawa Tol Christantio Prihambodo, Information Technology Group Head Jasa Marga Agus Sofian, dan Business Management Group Head Jasa Marga Adi Prasetyanto. 

Peninjauan Jalan Tol Trans Jawa yang dilakukan oleh Direktorat Bisnis ini berfokus pada pengembangan teknologi informasi dan juga proses pembangunan beberapa rest area di Jalan Tol Trans Jawa. ​​

Adapun peninjauan titik rest area dan gerbang tol yang disinggahi di antaranya adalah TIP KM 207 A, TIP KM 379 A, TIP KM 391 A, TIP KM 519 A, TIP KM 538 A, TIP KM 575 A, TIP KM 725 A, Kantor Cabang Semarang, Gerbang Tol Kalikangkung, dan TIP KM 360 B.

“Kalau makan mungkin bisa langsung dibawa pulang. Beda kalau mau ke toilet atau ke mushola. Untuk itu kapasitas toiletnya dilihat lagi masih kurang atau tidak. Kalau yang kita lakukan kemarin itu kita pisah pakai sistem kanalisasi. Jadi yang mau makan ambil kiri, lalu yang mau ke toilet lurus. Dari situ tak tercampur dan antrean tak panjang. Ya paling dari situ kendalanya ada pada lahan parkirnya,” tutur Mohammad Sofyan saat ditemui di TIP KM 207 A pada Kamis (17/1).

Pada kesempatan yang sama Agus Sofian menjelaskan, secara singkat perihal tujuannya melakukan peninjauan Jalan Tol Trans Jawa.

“Kegiatan telusur Trans Jawa ini adalah dalam rangka mengidentifikasi permasalahan-permasalahan serta persiapan-persiapan dalam layanan di jalan tol maupun di rest area. Tujuannya adalah kita bisa mendapatkan identifikasi permasalahan, baik dari sisi teknologi yang harus kita siapkan maupun dari sisi sumber daya manusia, dan juga kita mempersiapkan dari segi proses bisnis,” ujarnya.