JLMI Gelar Kick-Off Program Mahasiswa Magang Bersertifikat Batch 2 Tahun 2019

2/24/2019 8:54:07 AM
Berita

JLMI Gelar Kick-Off Program Mahasiswa Magang Bersertifikat  Batch 2 Tahun 2019​


 


Jasa Marga Learning Institute (JMLI) menggelar Kick-Off Program Mahasiswa Magang Bersertifikat Batch 2 di Kantor JMLI, Jakarta, Jumat (22/2). Program Mahasiswa Magang Bersertifikat merupakan wadah bagi mahasiswa untuk menyalurkan potensi dan menggali pengalaman dunia kerja atau terjadi link and match university dengan industri.

Kick-Off Program Mahasiswa Magang Bersertifikat Batch 2 turut dihadiri oleh Direktur Human Capital PT Jasa Marga Tbk. Alex Denni, Vice President JMLI Group Head Imad Zaki Mubarak, sejumlah dosen, mahasiswa, serta perwakilan perguruan tinggi. JMLI sendiri merupakan salah satu unit Jasa Marga yang memfasilitasi pengembangan sumber daya manusia (SDM) di dalam maupun luar lingkungan perusahaan.

Dalam kesempatan ini, Alex Denni menyampaikan, “Kita mengetahui bahwa perekonomian kita besar dan tumbuh terus dari tahun ke tahun. Diperkirakan, pada tahun 2013, perekonomian kita nomor tujuh terbesar di dunia. Lalu, tahun 2015 keempat terbesar di dunia. Persoalannya adalah talent kita shortage”.

Bukan karena tidak ada orang, lanjut Alex, tapi apa yang diharapkan oleh dunia kerja tidak sesuai dengan apa yang disediakan oleh universitas. Oleh sebab itu, perlu ada semacam ‘jembatan’ antara universitas dan dunia kerja.

“Harapannya dengan adanya Program Mahasiswa Magang Bersertifikat ini, kita semakin mendekatkan, mengecilkan gap antara apa yang diharapkan oleh dunia kerja dan yang di-deliver oleh dunia kerja. Mudah-mudahan, ekonomi yang besar tadi dapat dinikmati oleh talent-talent. Bukan sebaliknya, ekonominya besar, tapi talent-nya shortage. Akhirnya, orang-orang asing yang masuk ke pasar tenaga kerja Indonesia,” tambahnya.  

Sementara itu, Mahasiswi Teknik Sipil Universitas Indonesia (UI) Lusi Aprianti yang hadir dalam acara yang sama menyampaikan terima kasih karena dapat diberikan kesempatan untuk mengikuti Program Mahasiswa Magang Bersertifikat Batch 2 di Jasa Marga.

“Kami sebagai mahasiswi dapat mengimplementasikan ilmu-ilmu yang telah kami pelajari di real life. Semoga ke depannya, ilmu kami dapat berguna pasca (selepas-red) kampus nanti,” ujarnya. 

Program Magang Bersertifikat merupakan salah satu rincian kegiatan BUMN Hadir di Kampus yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN. Program ini telah memasuki Batch 2 yang akan berlangsung pada 1 Maret-31 Agustus 2019 atau selama enam bulan. Pada Batch 1, kegiatan ini berlangsung pada 3 September 2018-28 Februari 2019. 

Pada Batch 2 ini, sebanyak 50 mahasiswa/i dari berbagai perguruan tinggi akan magang di Jasa Marga serta kelompok usahanya. Lima puluh mahasiswa/i tersebut berasal dari latar belakang teknik dan non teknik. Selain pengalaman dan pengetahuan di dunia kerja, para peserta akan mendapat uang saku, BPJS Ketenagakerjaan, dan sertifikat selama mengikuti Program Mahasiswa Magang Bersertifikat.