Jasa Marga Pastikan Kesiapan Pelayanan Saat Arus Mudik dan Balik Lebaran

6/10/2018 9:54:09 AM
Berita

‚Äč

Jelang Lebaran 2018 (Idul Fitri 1439 H), PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyelenggarakan jumpa pers dengan awak media massa, Rabu 6 Juni 2018, di Kantor Pusat Jasa Marga.  Dalam jumpa pers tersebut Direktur Operasional I Jasa Marga Mohammad Sofyan  mengatakan bahwa Jasa Marga telah mematangkan segala persiapan dan strategi dalam mengawal pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran 2018. 

Sofyan mengungkapkan pada arus mudik dan balik Lebaran 2018, Jasa Marga menambah ruas jalan tol siap operasi sepanjang 52,35 Km dan jalan tol fungsional sepanjang 207,85 Km. Sementara dari sisi pelayanan lalu lintas, Jasa Marga  melakukan optimalisasi kapasitas lajur. Bila terjadi kepadatan akan melakukan rekayasa contra flow di Ruas Jakarta-Cikampek. Selain itu, Jasa Marga bekerjasama dengan kepolisian akan mendistribusikan beban lalu lintas melalui pengalihan arus lalu lintas situasional bila kepadatan terjadi.   

Jasa Marga juga menyiapkan penanganan gangguan lalu lintas dengan menempatkan petugas operasional di titik-titik rawan kepadatan dan menambah sejumlah kendaraan layanan lalu lintas seperti Layanan Jalan Tol, Patroli Roda Dua, PJR, Ambulans, Derek, Rescue dan alat berat Crane. 

Terkait kersiapan Rest Area, Jasa Marga telah menyiapkan 25 Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP), 7 Tempat Istirahat (TI), 14 Parking Bay, dan 21 Tempat Istirahat Sementara (TIS) di seluruh ruas jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga maupun kelompok usahanya.
Adapun peningkatan pelayanan bagi para pengguna jalan tol dari sisi distribusi informasi, Jasa Marga telah menyiapkan 770 unit CCTV, 120 unit Variable Message Sign (VMS) di jalur serta akses masuk jalan tol, 11 VMS dilengkapi CCTV untuk monitoring dan pengendalian parkir di Rest Area, 23 unit Remote Traffic Microwave Sensor (RTMS), dan 2 unit Videotrone Rest Area.

Terkait dengan kapasitas Rest Area, Sofyan menjelaskan, ada tiga strategi yang dikembangkan. Pertama, jika ada kepadatan di lajur yang diakibatkan antrean menuju Rest Area, akan diberlakukan contraflow disekitar lokasi Rest Area atas diskresi kepolisian. 

Kedua, Jasa Marga akan berkoordinasi dengan Kepolisian untuk melakukan buka tutup Rest Area. Ketiga, melarang penambahan tenant yang mengurangi kapasitas parkir. Pada Lebaran 2018 Jasa Marga juga memberlakukan sistem zonasi di Rest Area, melalui sistem ini, pengguna jalan bisa langsung menuju ke area pelayanan yang dituju. 

Guna membantu kelancaran arus lalu lintas selama arus mudik dan balik Lebaran 2018, Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk selalu mematuhi rambu lalu lintas, berkendara dengan tertib, memastikan kendaraan dalam kondisi laik jalan, serta selalu memastikan kecukupan saldo dan melakukan top up uang elektronik sebelum memasuki tol.  Sofyan berharap mudik tahun ini dapat berjalan aman, lancar, dan jauh lebih baik. (@edited by Corcomm)