Jasa Marga Sukses Gelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahun Buku 2017

4/11/2018 4:24:21 PM
Berita

​PT Jasa Marga (Persero) Tbk telah menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahun Buku 2017, pada Selasa 10 April 2018 di Ballroom Hotel Bidakara, Jakarta. Kegiatan yang juga dihadiri oleh jajaran Board of Commissionners (BOC) dan Board of Directors (BOD) ini sekaligus untuk melaporkan progres positif yang berhasil ditorehkan Jasa Marga selama tahun 2017.

Di tahun 2017, Jasa Marga berhasil membukukan laba bersih sejumlah Rp 2,20 Triliun, dan memutuskan untuk membagikan dividen kepada pemegang saham sebesar Rp 440 miliar atau sebesar 20% dari laba bersih Perseroan tahun 2017. Selain itu, dalam agenda RUPS kali ini, juga disampaikan mengenai perubahan susunan kepengurusan Perseroan yang baru dimana memberhentikan dengan hormat Komisaris Independen Sigit Widyawan dan digantikan oleh Vincentius Sonny Loho dan Direktur Pengembangan Hasanudin yang digantikan oleh Adrian Priohutomo.

Adapun untuk laporan progres positif yang berhasil dicapai, diantaranya dari sektor kinerja Perseroan tahun 2017 dimana Jasa Marga berhasil membukukan total aset sebesar RP 79,19 triliun atau meningkat sebesar 48,02% dari tahun 2016. Selain itu, Jasa Marga juga sukses melakukan inovasi sumber pendanaan yang baru pertama kali dilaksanakan di Indonesia, melalui Sekuritisasi Pendapatan Tol Jagorawi, Project Bond Ruas JORR W2 Utara serta Global Bond (Komodo Bond).

Sementara itu dari segi penambahan jalan tol operasi dan hak pengusahaan jalan tol, Jasa Marga telah mengoperasikan jalan tol sepanjang 88,7 Km dan menambah hak konsesi dua ruas jalan tol baru dalam rangka meningkatkan nilai Perseroan, sepanjang 236,90 Km yaitu Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan sepanjang 64 Km dan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi sepanjang 172,90 Km. Dengan bertambahnya dua ruas tersebut, saat ini total konsesi Jasa Marga adalah 1.497 Km atau tumbuh 18,81% dibanding tahun 2016.

Dari sisi peningkatan pelayanan operasional, pada tahun 2017, Jasa Marga di bawah koordinasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Bank Indonesia dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) telah berhasil menerapkan 100% transaksi non tunai di seluruh jalan tol Jasa Marga di Indonesia dengan menggunakan uang elektronik multi-bank (e-Payment Multi Bank) yang diterbitkan oleh HIMBARA (Mandiri, BRI, BNI dan BTN) serta BCA.

Pada tahun 2017, Perseroan juga telah berhasil melaksanakan proses integrasi pengoperasian Jalan Tol Jakarta-Tangerang milik Perseroan dengan Jalan Tol Tangerang-Merak milik PT Marga Mandala Sakti serta melakukan perubahan sistem transaksi di Jalan Tol Jagorawi. Selain itu, Perusahaan juga terus meningkatkan inovasinya dalam meningkatkan pelayanan operasional, seperti menerbitkan Kartu Pembayaran Tol Berlangganan Jasa Marga Access di Jalan Tol Jakarta-Tangerang serta melakukan uji coba menuju Free Flow Lane.

Wujud komitmen Jasa Marga dalam memberikan pelayanan operasional terbaik untuk pengguna jalan pun diapresiasi oleh stakeholder melalui deretan penghargaan yang diterima oleh Jasa Marga di tahun 2017, salah satunya atas upayanya dalam menyukseskan kelancaran arus mudik dan balik Lebaran tahun 2017. (@edited by corcomm)