Kembali Raih Penghargaan Bergengsi, Jasa Marga Tempati Peringkat 28 Top 100 Indonesia Most Valuable Brands 2019

6/13/2019 2:37:56 PM
Release

PRESS RELE​ASE

PT JASA MARGA (Persero) Tbk.


Nomor : 126/2019 Tanggal 13​ Juni 2019

 
Kembali Raih Penghargaan Bergengsi, Jasa Marga Tempati Peringkat 28 Top 100 Indonesia Most Valuable Brands 2019

Jakarta (13/06) - Kiprah PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebagai operator jalan tol terbesar di tanah air kembali mendapat pengakuan publik. Yang terbaru, Jasa Marga menempati peringkat ke-28 dari 100 brand dalam ajang Brand Finance Top 100 Indonesia Most Valuable Brands 2019.

Malam penganugerahan Brand Finance Top 100 Indonesia Most Valuable Brands 2019 berlangsung di Hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu (12/6). Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menerima langsung penghargaan tersebut dari Group Chief Editor Swa Kemal E. Gani dan Managing Director Brand Finance Asia Pacific Samir Dixit.
Dalam sambutannya, Kemal menyampaikan, ajang ini sudah berlangsung sejak tujuh tahun lalu. Penghargaan ini, tambahnya, merupakan apresiasi kepada perusahaan dan merek dengan nilai valuasi tertinggi di Indonesia. 

Ajang Brand Finance Top 100 Indonesia Most Valuable Brands 2019 sendiri diselenggarakan oleh Swa Network bekerja sama dengan Brand Finance, sebuah perusahaan brand valuation dan strategic consulting yang bermarkas di London, dengan representative offices di lebih dari 20 negara di seluruh dunia.  

Pada ajang Brand Finance Top 100 Indonesia Most Valuable Brands 2019, Jasa Marga memperoleh skor Brand Strength Index (BSI) 79,86 (skala 0 hingga 100) dengan Brand Rating AAA- yang berarti termasuk Extremely Strong. Brand Rating ini meningkat daripada tahun lalu, yakni AA+. Sementara itu, Brand Value Jasa Marga tahun ini sebesar $255 juta. Angka tersebut meningkat 9% dibandingkan tahun lalu, yakni $235 juta.

“Kami merasa bangga mendapatkan penghargaan dalam Top 100 Indonesia Most Valuable Brand 2019. Kami menempati peringkat ke-28 dengan Brand Value $255 juta. Hal ini menggambarkan bahwa Jasa Marga terus bertumbuh di atas rata-rata industri dan kami berada pada bisnis yang prospektif di masa depan. Tidak kalah penting, kekuatan brand kami tertancap dalam persepsi publik, melalui pengembangan produk, peningkatan kualitas pelayanan dan strategi komunikasi. Ke depannya, kami akan terus meningkatkan performance ukuran-ukuran ini agar brand kami makin terdongkrak nilainya,” kata Dwimawan Heru seusai menerima penghargaan tersebut.

Untuk mendapatkan nilai merek dalam Brand Finance Top 100 Indonesia Most Valuable Brands 2019, proses penilaian dilakukan dengan mengikuti sejumlah tahap, seperti menghitung kekuatan merek dengan menggunakan balanced scorecard; menentukan kisaran royalti untuk setiap industri; menghitung tarif royalti; menentukan pendapatan merek dengan memperkirakan proporsi pendapatan perusahaan induk yang dihasilkan suatu merek; menentukan proyeksi pendapatan dengan menggunakan fungsi pendapatan historis, perkiraan analis ekuitas, dan tingkat pertumbuhan ekonomi; menerapkan tarif royalti ke proyeksi pendapatan untuk memperoleh pendapatan merek; dan pendapatan merek didiskontokan setelah pajak menjadi Net Present Value yang menghasilkan brand value

________
Untuk keterangan lebih lanjut:
Dwimawan Heru
Corporate Communication and Community Development Group Head
PT Jasa Marga (Persero) Tbk
Plaza Tol Taman Mini Indonesia Indah
Jakarta 13550
Telp. (021) 841 3526 / ext. 117/118