Menhub Gandeng Masyarakat Merajut Infrastruktur Nasional

10/6/2017 5:20:08 PM
Berita

​Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menghadiri pembukaan pameran foto bertajuk Menjelajah Infrastruktur Indonesia 2017 yang berlokasi di Lower Ground, Central Park, Jakarta, Kamis 5 Oktober 2017. Pada kesempatan ini, dirinya menyaksikan beragam karya foto terbaik anak bangsa yang ditampilkan pada pameran ini.

Menjelajah Infrastruktur Indonesia 2017 menyajikan berbagai gambar terkait progres pembangunan transportasi darat, laut dan udara dari Pulau Sumatera hingga Papua yang direalisasikan pada masa Pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Menurut Budi Karya Sumadi, foto-foto yang terpilih dalam ajang ini merupakan suatu projek yang sedang dijalankan oleh Pemerintah. Karya-karya tersebut ditampilkan, karena tidak semua orang berkesempatan untuk melihat secara langsung apa yang sedang dibangun oleh Pemerintah.

“Melalui pameran ini, Pemerintah bisa menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara yang kuat. Anggaran yang dikeluarkan untuk proyek-proyek ini sangat banyak, dan inilah hasilnya. Masyarakat harus tahu,” ucap Menteri Budi.

Pria yang dilantik sebagai Menteri Perhubungan RI menggantikan posisi Ignasius Jonan itu mengharapkan, dengan adanya event tersebut, dapat terjalin sisi interaksi yang baik antara ekspektasi masyarakat dengan pembangunan yang dibuat oleh pemerintah.

“Pameran foto ini adalah melombakan karya foto masyarakat, bahkan pelajar. Kita mengetahui bahwasannya seni foto adalah seni yang paling banyak digemari masyarakat. Nah, kalau masyarakat diapresiasi, maka kegiatan seni foto ini akan meningkat dan angle-angle foto yang diambil juga bagus sekali,” tutup Budi Karya Sumadi.

Salah satu foto terbaik yang ditampilkan di pameran itu ialah karya Anas Yusuf Karisma, yang menampilkan progres pembangunan Jalan Tol Batang-Semarang, Jawa Tengah. Jalan Tol Batang-Semarang dikerjakan oleh BUJT dan PT Jasamarga Semarang Batang dan memiliki investasi sebesar Rp11,05 triliun. Jalan Tol ini memiliki panjang 75 km dan terbagi menjadi 5 seksi.

Selain itu, turut dipamerkan pula panorama indah Jembatan Tuntang Ruas Jalan Tol Semarang-Solo. Tol ini memiliki nilai investasi sebesar Rp7,3 triliun, dengan komposisi pembagian saham PT Jasa Marga 73,91%, PT Astratel Nusantara 25%, dan PT Sarana Pembangunan Jawa Tengah 1,09% yang dikelola oleh anak usaha Jasa Marga yaitu PT Trans Marga Jateng. Tol sepanjang 72,64 km ini diabadikan secara apik oleh Aditya Pradana Putra. (@edited_by corcomm)