PT JSB Menjadi Pionir Penerapan Project Sistem Integrasi Monitoring Konstruksi

11/17/2017 5:47:46 PM
Berita

​Senin 13 November 2017, bertempat di Ruang Rapat PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) melakukan rapat koordinasi penerapan sistem integrasi monitoring konstruksi bersama dengan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). Hadir dalam kegiatan tersebut, Perwakilan BPJT Joko Nursapto, Pimpinan Proyek PT JSB R Beni Dwi Setiadi, General Manager Teknik PT JSB Suprapti, Kontraktor Waskita Karya Ronald Aldriano, Konsultan I_con Husnul, dan tiga perwakilan dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

Dalam kesempatan tersebut, pihak BPJT dan ITB memberikan penjelasan terkait penerapan sistem integrasi monitoring konstruksi dengan portal I_cons. Menurut Joko, proyek Jalan Tol Batang-Semarang, Jalan Tol Pemalang-Batang dan Jalan Tol Pejagan-Pemalang yang dikelola oleh PT JSB merupakan pilot project atau pioner sistem integrasi tersebut. Dalam penjelasannya, Joko menambahkan perlunya pengenalan sistem monitoring konstruksi dan pembebasan lahan dengan menggunakan portal I_cons dari BPJT yang nantinya akan diintegrasikan dengan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3), dimana seluruh standar prosedur dan pelaporan insiden tersebut dimasukkan ke dalam portal. Selain itu, sistem ini mengharuskan adanya personil sebagai administrator dan penanggung jawab untuk melakukan rekapitulasi data lapangan dan melakukan proses input data ke portal.

“Apabila portal ini berjalan baik, maka sistem ini akan kami terapkan di seluruh ruas tol di Indonesia dan PT JSB menjadi pioner atau pilot penerapan sistem integrasi monitoring konstruksi ini,” ujar Joko.

Acara dilanjutkan dengan peninjauan ke lapangan dan pemasangan sistem integasi monitoring konstruksi di portal I_cons yang nantinya akan dikelola oleh tim dari PT JSB. (@Iwan_A_edited by corcomm)