Purbaleunyi Jaring 157 Pelanggar pada Operasi Overdimensi dan Overload Tahap 2

4/20/2018 5:30:35 PM
Berita

​PT Jasa Marga Tbk (Persero) Tbk Cabang Purbaleunyi bekerja sama dengan Patroli Jalan Raya (PJR) Induk Jawa Barat, Dinas Perhubungan Bandung Barat menggelar operasi tertib muatan kendaraan (overdimensi dan overload) di Jalan Tol Purbaleunyi. Operasi tertib muatan dilaksanakan di pool Ruas Padalarang Km 120B arah Jakarta pada tanggal 17-19 April 2018.

Deputy General Manager Traffic Management Cabang Purbaleunyi Andre Koestiawan menjelaskan, bahwa sasaran operasi tertib muatan kali ini adalah semua angkutan barang yg dinilai membahayakan saat melintasi jalan tol. Penertiban dilakukan sebagai upaya untuk mencegah kerusakan jalan serta terjadinya kecelakaan di jalan tol. Adapun ketentuan batas maksimal dimensi kendaraan yang diperbolehkan melintasi jalan tol ini adalah yang memiliki ukuran lebar tidak melebihi 2.500 mm, ukuran panjang tidak melebihi 18.000 mm dan ukuran maksimal tingginya 4.200 mm.

“Operasi overdimensi dan overload ini sejalan dengan upaya menegakkan pasal 307 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Penertiban ini diharapkan dapat mengurangi angka kecelakaan akibat tabrak belakang dan kerusakan jalan oleh kendaraan yang memiliki muatan melebihi dari batas yang ditentukan,” ujar Andre.

Andre menambahkan, dengan adanya operasi tertib muatan ini diharapkan dapat mempercepat waktu tempuh pengguna jalan tol serta menghemat bahan bakar.

Dalam operasi tertib muatan kali ini petugas melakukan berbagai macam upaya penertiban diantaranya, memberhentikan kendaraan muatan barang, memeriksa surat kelengkapan kendaraan, melakukan penimbangan dengan menggunakan alat, mengukur dimensi kendaraan, dan memberikan tindakan atau sanksi bagi kendaraan yang melanggar.

Sementara itu, dari kurun waktu tiga hari pelaksanaan operasi tertib muatan ini, 272 kendaraan berhasil diperiksa dan ditemukan pelanggaran overdimensi sebanyak 16, pelanggaran overload sebanyak 141, serta 115 sisanya dinyatakan tidak bersalah.

Bagi kendaraan yang terbukti overdimensi dikenakan tindakan tilang dan diberikan tanda (cat) oleh petugas Dishub Kabupaten Bandung Barat. Sedangkan, bagi kendaraan yang terbukti melanggar overload langsung dikenakan sanksi tilang oleh pihak kepolisian. (@dadans_edited by corcomm)