Tingkatkan Keselamatan Pengguna Jalan Tol, Cabang Jakarta-Cikampek Gelar Operasi Overload

5/9/2018 8:20:19 PM
Berita

​Guna menjaga kelancaran dan keamanan perjalanan dalam berlalu lintas di jalan tol, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Cabang Jakarta-Cikampek melalui Unit Traffic Service, menggelar operasi tertib muatan kendaraan bergandar dua atau lebih yang terindikasi overload di Km 59A Parking Bay arah Cikampek.

Dalam pelaksanaanya, Cabang Jakarta-Cikampek bekerja sama dengan pihak Kepolisian, Dinas Perhubungan Kota Karawang serta Polisi Militer Kota Karawang berhasil menjaring kendaraan yang diketahui membawa beban muatan berlebih. Untuk memastikan kendaraan yang melintasi jalan tol ini sesuai dengan kapasitas beban kendaraan, petugas melakukan uji timbang dimana beban yang dibawa oleh kendaraan muatan barang ini tidak boleh melebihi 10 ton.

Sementara itu, operasi yang dimulai dari pukul 10.30 - 15.00 WIB ini berhasil menjaring 80 kendaraan, dimana sebanyak 55 kendaraan terbukti overload dan 25 sisanya terbukti tidak bersalah. Untuk kendaraan yang diketahui melanggar ketentuan muatan barang ini, akan dikenakan sanksi berupa tilang oleh pihak Kepolisian serta penempelan stiker oleh petugas.

Menurut Manager Traffic Service Ade Priyatna Cabang Jakarta-Cikampek, salah satu penyebab kemacetan di jalan tol ini sering terjadi, adalah banyaknya kendaraan overload yang mengalami pecah ban atau patah as rodanya.

“Banyaknya frekuensi kendaraan berat yang terindikasi overload mengalami pecah ban atau patah as roda akibat kelebihan beban muatan menjadi salah satu alasan timbulnya kemacetan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Dengan adanya operasi penerbitan muatan kendaraan ini diharapkan dapat meminimalisir terjadinya kemacetan maupun kecelakaan. Kami juga mengajak agar para supir dan pemilik kendaraan muatan barang agar lebih memperhatikan peraturan yang telah diterapkan,” ujar Ade.

Dilakukannya operasi gabungan terhadap kendaraan bermuatan lebih ini, diharapkan dapat menurunkan angka pelanggaran lalu lintas pada angkutan barang. Jasa Marga akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mengurangi pelanggaran oleh kendaraan angkutan umum yang overload di ruas-ruas jalan tolnya demi keselamatan pengguna jalan tol dan kelancaran arus lalu lintas. (@irwansyah _ edited by corcomm)