Wujudkan Keselamatan Berlalu Lintas, Jasa Marga Gelar Roadster Rescue Competition 2019

3/6/2019 10:26:38 AM
Release

PRESS RELE​ASE

PT JASA MARGA Tbk.


Nomor : 30/2019 Tanggal 5 Maret 2019


 



Wujudkan Keselamatan Berlalu Lintas, Jasa Marga Gelar Roadster Rescue Competition 2019​


Bogor (05/03) - Sebagai bentuk komitmen dalam mewujudkan keselamatan berlalu lintas dalam skala nasional serta dalam rangka menyambut HUT 41 Tahun, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. menyelenggarakan kembali Roadster Rescue Competition 2019. Lomba rutin tahunan ini sebelumnya dikenal dengan nama Lomba Pelayanan Lalu Lintas, tahun ini berubah seiring dengan transformasi Jasa Marga. Roadster Jasa Marga adalah sebutan khusus bagi Karyawan Jasa Marga yang selalu berkomitmen untuk menunjukkan kinerja terbaiknya sesuai Tata Nilai Perusahaan Agility, Professionalism, Integrity dan Customer Focus (APIC) dalam melayani stakeholder.

Roadster Rescue Competition 2019 ini mengangkat tiga kategori kompetisi yang bertujuan untuk memantapkan kesiapan dan kesiagaan petugas dalam kegiatan penanganan gangguan perjalanan atau kecelakaan di jalan tol. Tiga kategori kompetisi adalah Road Safety Paper Category, Road Rescue Category serta Traffic Management Video Documentary, yang merupakan kompetisi baru di tahun ini yang belum pernah ada di kompetisi sebelumnya. Traffic Management Video Documentary merupakan perlombaan video penanganan gangguan lalu lintas serta penanganan kecelakaan lalu lintas di jalan tol oleh para peserta, perlombaan ini bertujuan sebagai edukasi dan sosialisasi kepada pengguna jalan tol.

Sementara itu, untuk kedua kompetisi lainnya yaitu Road Safety Paper Category yang merupakan kompetisi karya tulis bertema keselamatan telah berlangsung pada tanggal 4 Maret 2018. Sedangkan untuk Road Rescue merupakan simulasi praktik penanganan kecelakaan di jalan tol (road rescue) hari ini, 5 Maret di diselenggarakan di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sentul.

Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani, dalam pembukaannya, mengungkapkan bahwa persoalan kemampuan rescue harus terus diasah dan dilatih, mengingat tidak ada kondisi darurat yang serupa antar yang satu dengan yang lainnya. 

“Jadi tidak bisa kita beralasan untuk berhenti berlatih, walau sudah berpengalaman selama bertahun-tahun, dapat dipastikan bahwa setiap momen penyelamatan membutuhkan strategi yang berbeda-beda, oleh karenanya saya mengajak rekan-rekan sekalian untuk terus berlatih meningkatkan kemampuan,” ujar Desi yang secara resmi membuka acara perlombaan ini.

Setelah memberikan sambutan, Desi Arryani bersama jajaran direksi yang hadir menilik langsung alat-alat rescue yang digunakan untuk melakukan penyelamatan korban kecelakaan di jalan tol, seperti cutter, spreader, combi tool, extension rams, air bag kits, power unit

Jasa Marga yang telah berpengalaman dalam mengoperasikan jalan tol di Indonesia, dalam kegiatan operasionalnya kerap bersentuhan dengan kejadian-kejadian kecelakaan dengan berbagai kondisi. Oleh karena itu, sesuai Pilar Keselamatan (Pilar 5) terkait penanganan pasca kecelakaan, maka perlu dilaksanakan kegiatan yang mendukung upaya peningkatan penanganan pasca-kecelakaan dengan metode Sharing Knowledge melalui kegiatan karya tulis dan simulasi penyelamatan kecelakaan lalu lintas.

Adapun peserta perlombaan ini terdiri dari sembilan belas grup, terdiri dari Cabang Jasa Marga yang berjumlah delapan grup serta sebelas grup dari Anak Perusahaan Jasa Marga yaitu PT Jalantol Lingkarluar Jakarta (JLJ), PT Jasamarga Pandaan Tol (JPT), PT Trans Marga Jateng (TMJ), PT Marga Sarana Jabar (MSJ) dan PT Marga Lingkar Jakarta (MLJ) dan PT Jasamarga Bali Tol (JBT) dan lima penambahan 5 peserta baru dari PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN), PT Jasamarga Ngawi Kertosono (JNK), Jasamarga Surabaya Mojokerto (JSM), PT Jasamarga Medan Kualanamu Tebing (PT JMKT), PT Jasamarga Gempol Pasuruan (JGP).

Untuk memastikan penilaian dilakukan secara adil dan professional, keterampilan para peserta lomba tidak hanya dinilai oleh tim internal Jasa Marga, namun juga dinilai oleh berbagai institusi eksternal sesuai dengan bidang dan keahliannya masing-masing. Institusi eksternal yang terlibat dalam perlombaan karya tulis adalah Korlantas POLRI dan Kementerian Perhubungan pada penilaian bidang Keselamatan Jalan pada Road Safety Paper Category. Sedangkan untuk Road Rescue Category dinilai oleh Road Rescue Australia dan Belanda ahli di bidang Fire, Rescue dan Paramedic.

Lomba Pelayanan Lalu Lintas yang telah dilaksanakan sebanyak 15 kali ini merupakan salah satu kegiatan rutin yang digagas oleh Jasa Marga terkait keselamatan berlalu lintas. Sebagai upaya mewujudkan dan meningkatkan keselamatan berlalu lintas dalam skala nasional, sebelumnya Jasa Marga telah menggelar Safety Driving Workshop, Fun Rally dengan tema tertib berlalu lintas, dan Customer Gathering dengan sosialisasi berkendara aman nyaman bagi pengguna jalan.

______
Untuk keterangan lebih lanjut, hubungi:
Irra Susiyanti
AVP Corporate Communication
PT Jasa Marga (Persero) Tbk.
Plaza Tol Taman Mini Indonesia Indah
Jakarta 13550
Telp. 021 8413526 / ext.117/118