Etika Usaha

Perseroan menyadari bahwa implementasi Good Corporate Governance secara konsisten sebagai budaya Perseroan merupakan salah satu langkah yang dapat meningkatkan nilai dan tumbuh kembangnya bisnis Perseroan secara berkesinambungan. Oleh karena itu perlu adanya penerapan pengelolaan Perseroan secara baik dan benar.

Perseroan telah mempunyai Pedoman Perilaku Perseroan yang disusun untuk melaksanakan pengelolaan perusahaan yang baik dan benar, serta bertujuan untuk membentuk dan mengatur kesesuaian tingkah laku sehingga mencapai penerapan GCG yang konsisten sebagai budaya Perseroan yang memaksimalkan penerapan prinsip-prinsip Tata Kelola Perusahaan yang baik sehingga tercapainya Visi dan Misi Perseroan.

Pedoman perilaku Perseroan mengatur kebijakan nilai-nilai etis yang dinyatakan secara eksplisit sebagai suatu standar perilaku yang harus dipedomani oleh seluruh Insan Jasa Marga. Pedoman Perilaku Perseroan mengatur Etika Usaha dan Etika Kerja.

Etika Usaha merupakan sistem nilai atau norma yang dijabarkan dari filosofi pendirian Perseroan dan yang dianut oleh Perseroan sebagai acuan Perseroan serta manajemennya untuk berhubungan dengan lingkungannya, baik internal maupun eksternal (Stakeholder) Perseroan yaitu

1. Terhadap Insan Jasa Marga.     
2. Terhadap Pengguna Jalan Tol dan Pelanggan Lainnya.
3. Terhadap Pemegang Saham.
4. Terhadap Pemasok/Kontraktor.
5. Terhadap Kreditur.
6. Terhadap Mitra Usaha.
7. Terhadap Pesaing/Kompetitor.
8. Terhadap Pemerintah/Regulator.
9. Terhadap Media Massa.
10. Terhadap Anak Perusahaan.
11. Terhadap Masyarakat dan Lingkungan Sekitar.

Sementara itu, Etika Kerja merupakan sistem nilai atau norma yang dianut oleh setiap Pimpinan dan Karyawan dalam melaksanakan tugasnya termasuk etika hubungan antar karyawan Perseroan. Etika Kerja ini mengatur kebijakan perilaku Insan Jasa Marga sebagai berikut:

1. Sebagai Atasan Terhadap Bawahan

2. Sebagai Bawahan Terhadap Atasan

3. Sebagai Rekan Kerja

Selain itu di dalam Pedoman Perilaku tersebut diatur pula komitmen Insan Jasa Marga, dan Perilaku Profesional, Penerapan dan Penegakan Pedoman Perilaku

Untuk memastikan bahwa Perseroan terus tumbuh dan berkembang secara berkesinambungan, maka seluruh proses bisnis Perseroan harus didasarkan pada prinsip Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance) serta Etika Bisnis yang baik. Untuk itu pada tahun 2011, Perseroan telah membuat dan mensosialisasikan beberapa pedoman sebagai berikut:

- Pedoman Tata Kelola Perusahaan (Code of  Corporate Governance) (pdf – Bahasa Indonesia)      
- Pedoman Perilaku (Code of Conduct)
- Pedoman Benturan Kepentingan (Conflict of Interest)
- Pedoman Penanganan Gratifikasi
- Sistem Pelaporan Pelanggaran (Whistleblowing System)​