PT Jasamarga Bali Tol (JBT)


Sekilas

PTJasamarga Bali Tol ("Perusahaan") berkedudukan di Denpasar, Bali, didirikan berdasarkan Akta Nomor: 02 tanggal 22 Agustus 2011 yang dibuat dihadapan Paulina Siti Suprimulyanti Endah Putri, Sarjana Hukum, dan telah disahkan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dengan Surat Keputusan No.AHU-57740.AH.01.01.TH 2011 tanggal 25 Nopember 2011.
Anggaran dasar Perseroan telah mengalami perubahan dan terakhir akta Pernyataan Keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa No.1 tanggal 17 Oktober 2012 oleh Notaris Paulina Siti Suprimulyanti Endah Putri, SH, notaris di Depok, mengenai perubahan Anggaran Dasar Perusahaan yaitu mengenai peningkatan Modal dasar, Modal ditempatkan dan disetor serta mengubah Pasal 4 ayat 1 dan 2. Perubahan Anggaran Dasar tersebut telah memperoleh persetujuan dari Menteri Kehakiman Republik Indonesia No.:AHU-62682.AH.01.02-Tahun 2012 tanggal 6 Desember 2012.
Berdasarkan Pasal 3 Anggaran Dasar, maksud dan tujuan perusahaan adalah berusaha dalam bidang pengusahaan jalan tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa, yang meliputi pendanaan, perencanaan teknik, pelaksanaan konstruksi, pengoperasian dan pemeliharaan jalan tol, serta usaha-usaha lainnya sesuai dengan ketentuan-ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Untuk mencapai maksud dan tujuan tersebut Perusahaan dapat melakukan kegiatan usaha sebagai berikut :
Menggunakan ruang milik jalan tol untuk usaha lain yang berkaitan dengan pengoperasian jalan tol, dengan tidak mengurangi ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan/atau persetujuan pihak yang berwenang.
Menyelenggarakan kegiatan usaha lain yang terkait atau menunjang kegiatan usaha sebagaimana dimaksud dalam huruf a, b, c dan d.
Perusahaan telah memperoleh izin melalui Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia No.375/KPTS/2013 tanggal 18 September 2013, dimana hak konsesi diberikan kepada Perusahaan untuk meyelenggarakan kegiatan konstruksi, operasi dan pemeliharaan atas jalan tol NusaDua-NgurahRai-Benoa selama 45 tahun, terhitung mulai bulan Oktober 2013


Proyek Pembangunan

​Jalan Tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa (10 km)

Komposisi Pemegang Saham

PT Jasa Marga (Persero), Tbk: 55,00%
PT Pelabuhan Indonesia III (Persero): 17,58%
Pemerintah Provinsi Bali: 8,01%
Pemerintah Kabupaten Badung: 8,01%
PT Angkasa Pura I (Persero): 8,00%
PT Adhi Karya (Persero), Tbk: 1,00%
PT Hutama Karya (Persero): 1,00%
PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero): 1,00%
PT Wijaya Karya (Persero): 0,40%


Manajemen

Dewan Komisaris
Komisaris UtamaIr. Abdul Hadi Hasbullah, MM
KomisarisU. Saefudin Noer
KomisarisIr. Robert Daniel Wailoni
KomisarisIr. I Wayan Blayu Suarjaya
KomisarisIr. I Gusti Putu Nuriatha, MM
KomisarisI Wayan Suambara, SH, MM
Direksi
Direktur UtamaIr. Akhmad Tito Karim, MM
Direktur Teknik & OperasionalIr. Rismarture Sidabutar, MM
Direktur KeuanganDrs. Ronny Haryanto


Data Teknis

Panjang: 10 km
Biaya Investasi: Rp 2,01 T
Masa Konsesi: 2057
Sistem Operasi: Terbuka