PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC)


Sekilas

PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek ("Perusahaan") didirikan pada tanggal 24 November 2016 berdasarkan akta nomor 13 dibuat dihadapan Notaris Ni Nyoman Rai Sumawati, S.H., di Jakarta. Anggaran dasar telah memperoleh pengesahan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, sebagaimana dari surat Keputusan tertanggal 28 November 2016 nomor AHU-0052873.AH.01.01.TAHUN 2016.

 

      Sesuai dengan pasal 3 anggaran dasar Perusahaan, maksud dan tujuan Perusahaan adalah berusaha dalam bidang Jasa yang berupa pengusahaan jalan tol Jakarta-Cikampek II Elevated yang meliputi pendanaan, perencanaan teknik, pelaksanaan konstruksi, pengoperasian dan pemeliharaan jalan tol, serta usaha-usaha lainnya sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

      Untuk mencapai maksud dan tujuan tersebut diatas Perusahaan dapat melakukan kegiatan usaha  sebagai berikut:

      a)   Melakukan pekerjaan Perencanaan;

      b)   Membangun jalan dan jembatan, bangunan pelengkap jalan dan fasilitas tol;

      c)   Pengoperasian dan pemeliharaan jalan tol, termasuk memungut dan menggunakan uang tol;

      d)   Menggunakan ruang milik jalan tol untuk usaha lain yang berkaitan dengan pengoperasian jalan tol, dengan tidak mengurangi ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan/atau persetujuan pihak yang berwenang;

      e)   Menyelenggarakan kegiatan usaha lain yang terkait atau menunjang kegiatan usaha sebagaimana dimaksud dalam huruf a,b,c dan d antara lain Rest Area, Jasa persewaan mesin, konsultasi manajemen terutama sumberdaya manusia di bidang pengelolaan jalan tol, persewaan alat transportasi darat (non-operator).

 

      Pada tanggal 5 Desember 2016, Perusahaan dan Pemerintah telah menandatangani Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol ("PPJT") Jalanlayang Cikampek. Dalam perjanjian tersebut, antara lain ditetapkan masa konsesi Perusahaan adalah selama 45  tahun. Pada saat berakhirnya masa konsesi, Perusahaan harus mengembalikan dan menyerahkan jalan tol kepada Pemerintah/melalui Badan Pengatur Jalan Tol ("BPJT") tanpa syarat.

 

      PT Jasa Marga (Persero) Tbk merupakan entitas induk Perusahaan.

 

      Kantor pusat Perusahaan berkedudukan di Jakarta Timur, beralamat di Gedung Jasa Marga Jl. Raya Taman Mini. 


Proyek Pembangunan

​Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated (36,4 km)

Komposisi Pemegang Saham

PT Jasa Marga (Persero), Tbk.80%
PT Ranggi Sugiron Perkasa20%


Manajemen

Dewan komisaris 
Komisaris UtamaHasanudin
KomisarisIntani Choirina              
Direksi 
Direktur UtamaDjoko Dwijono
Direktur KeuanganHarris Prayudi
Direktur TeknikBiswanto 


Data Teknis

Panjang:36,40 Km
Biaya Investasi:Rp. 16.23 Trilyun
Masa Konsesi:45 tahun
Sistem operasi:Tertutup