PT Marga Trans Nusantara (MTN)


Sekilas

PT Marga Trans Nusantara ("Perusahaan") didirikan pada tanggal 14 Mei 2008 berdasarkan Akta No.8 dari Suzy Anggraini Muharam, S.H., Notaris di Jakarta. Akta pendirian tersebut telah mendapat pengesahan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dalam Surat Keputusan No.AHU-37791.AH.01.01.Tahun 2008, tanggal 2 Juli 2008, dan telah diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia No.10 tanggal 3 Februari 2009 tambahan nomor 3177. Anggaran Dasar Perusahaan telah beberapa kali mengalami perubahan, terakhir pada tanggal
15 Juni 2016, dengan Akta No.09 dari Nanny Wiana Setiawan, S.H, Notaris di Jakarta. Akta perubahan tersebut telah mendapat persetujuan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dalam Surat Keputusan No. AHU-AH.01.03-0057788 tanggal 16 Juni 2016.

Berdasarkan Pasal 3 ayat 1 Anggaran Dasar Perusahaan, maksud dan tujuan didirikannya Perusahaan adalah melaksanakan pengusahaan Jalan Tol Kunciran - Serpong, yang meliputi pendanaan, perencanaan teknik, pelaksanaan konstruksi, pengoperasian dan pemeliharaan jalan tol, serta usaha-usaha lainnya sesuai dengan ketentuan-ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Untuk mencapai maksud dan tujuan tersebut di atas, Perusahaan dapat melaksanakan kegiatan usaha sebagai berikut:

  1. melakukan pekerjaan perencanaan,
  2. membangun jalan dan jembatan, bangunan pelengkap jalan, dan fasilitas tol,
  3. pengoperasian dan pemeliharaan jalan tol, termasuk memungut dan menggunakan uang tol,
  4. menggunakan ruang milik jalan tol untuk usaha lain yang berkaitan dengan pengoperasian jalan tol, dengan tidak mengurangi ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan/atau persetujuan pihak yang berwenang,
  5. menyelenggarakan kegiatan usaha lain yang terkait atau menunjang kegiatan usaha sebagaimana dimaksud dalam huruf a, b, c, dan d.

Proyek Pembangunan

​Jalan Tol Kunciran-Serpong (11,19 km)

Komposisi Pemegang Saham

PT Jasa Marga (Persero) Tbk.: 60%
PT Astratel Nusantara: 30%
PT Transutama Arya Sejahtera: 10%


Manajemen

Komisaris 
            Presiden Komisaris : Irawan Santoso
Wakil Presiden Komisaris
: Subagyo
            Komisaris: Wiwiek Dianawati Santoso
Direksi 
            Presiden Direktur : Ir. Agus Achmadi
            Direktur: Rachmat Soulisa


Data Teknis

Panjang11,19 Km
Biaya InvestasiRp. 2,62 Trilyun
Masa Konsesi35 tahun sejak SPMK
Sistem operasiTertutup