PT Transmarga Jatim Pasuruan (TJP)


Sekilas

PT Transmarga Jatim Pasuruan ("Perusahaan") didirikan berdasarkan akta No 57  tanggal 28 Juni 2010 dari  Retno Suharti, SH., notaris di Kraton - Pasuruan. Akta pendirian ini  tetah disahkan oleh  Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dalam Surat Keputusannya No. AHU.35558.AH.01.01.Tahun 2010 tanggal 15 Juli 2010, serta diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia No. 63 tanggal 9 Agustus 2011 Tambahan No. 23344.
Anggaran dasar Perusahaan telah mengalami perubahan  dengan akta  Pernyataan Keputusan di Luar Rapat Umum Pemegang Saham No. 10  tanggal 15 April 2013  oleh Dra. Ec. Inggriati Djojoseputro, SH., notaris di Surabaya, mengenai peningkatan setoran modal perseroan. Peningkatan setoran modal tersebut telah diterima pemberitahuannya oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dalam Surat Penerimaan Pemberitahuan No. AHU-AH.01.03-0092167 tanggal 24 Oktober 2016, Berdasarkan Pasal 3 Anggaran Dasar Perusahaan, ruang lingkup kegiatan Perusahaan terutama.dalam bidang penyelenggaraan jalan tol Gempol - Pasuruan yang meliputi pendanaan, perencanaan teknik, pelaksanaan konstruksi, pengoperasian dan pemeliharaan jalan tol serta usaha-usaha lainnya yang berhubungan dengan jalan tol tersebut. Kantor operasional Perusahaan berlokasi di Pandaan,
Berdasakan Pasal 3 Anggaran dasar Perusahaan, ruang lingkup kegiatan Perusahaan terutama dalam bidang penyelenggaraan jalan tol Gempol - Pasuruan yang meliputi pendanaan,perencanaan teknik, pelaksanaan konstruksi, pengoperasian dan pemeliharaan jalan tol serta usaha usaha lainnya yang berhubungan dengan jalan tol tersebut. Kantor operasional perusahaaan berlokasi di Pandaan Jawa Timur.
Perusahaan menjalankan kegiatan operasionalnya berdasarkan UU No. 38 tahun 2004 tentang Jalan dan Peraturan Pemerintah No. 15 tahun 2005 tentang Jalan Tol. Wewenang penyelenggaraan jalan tol berada pada pemerintah. Sebagian  wewenang Pemerintah dalam penyelenggaraan jalan tol dilaksanakan oleh Badan Pengatur Jalan Tol. Pengusahaan Jalan Tol dilakukan oleh badan usaha milik negara dan/atau badan usaha milik daerah dan/atau badan usaha milik swasta. Pengusahaan jalan tol yang diberikan oleh pemerintah kepada badan usaha dilakukan melelui pelelangan secara transparan dan terbuka.
Sampai dengan 31 Maret 2017 Perusahaan masih tahap Konstruksi.



Proyek Pembangunan

​Jalan Tol Gempol-Pasuruan (34,15 km)

Komposisi Pemegang Saham

​PT Jasa Marga (Persero), Tbk
​: 98,81%
​PT Jatim Prasarana Utama
​: 1,19%


Manajemen

Komisaris
Komasaris Utama:
Ir. Christantio​ Prihambodo
Komisaris:
M. Noor Marzuki SH
Komisaris:Drs. Imron, Ak
Direksi
Direktur Utama:Ir. Agus Purnomo
Direktur Teknik:Ir. Rahardjo
Direktur Keuangan:Syachriani Atim, SE


Data Teknis

Panjang ​
​: 34,2 km
​Biaya Investasi
​: 4,03 T
​Masa Konsesi
​: 2058
​Sistem Operasi
​: Tertutup